'>

Senin, 13 Juni 2011

Kode Iklan Anda disini

PAMAN DAN BIBI RASULULLAH


Paman Rasulullah semuanya ada 11 orang, antara lain Hamzah, Abbas, Abu Thalib (Abdul Manaf), Abu Lahab (Abdul Uzza), Harits, Zubair, Jahl (Mughirah), Abdul Ka’bah, Qutsam, Dhirar, dan Ghaidaq (Mush’ab). Ada yang mengatakan hanya 10 orang, karena menganggap Abdul Ka’bah dan Muqawim itu orang yang sama dan Jahl serta Ghaidaq juga sama. Saudara kandung ayah Rasulullah (Abdullah) adalah Abu Thalib, Zubair dan Abdul Ka’bah. Sedangkan bibi Rasulullah semuanya ada enam, antara lain: Ibunda Zubair bin Awwam, Urwa dan Atikah, Ummu Hakim, Barrah, dan Amimah.
Hamzah
Hamzah adalah paman Rasulullah dan juga saudara sepersusuan beliau yang sama-sama disusui oleh Tsuwaibah. Usianya hanya lebih tua sedikit dari Rasulullah. Ia merupakan singa Allah dan Rasul-Nya sebagaimana disebutkan dalam beberapa riwayat. Ia hadir dalam perang Badar dan Uhud. Di Uhud ia wafat di tangan Wahsyi. Pada waktu itu, di tubuhnya terdapat 80 lebih luka bekas sabetan pedang, tikaman tombak, dan tusukan anak panah.
Abbas
Abbas adalah paman Rasulullah yang paling muda. Usianya hanya lebih dua atau tiga tahun dari Rasulullah. Ia hadir dalam perang Badar di pihak kaum kafir yang telah memperdayakannya. Ia termasuk salah seorang tawanan perang dan ia pun menebus dirinya. Ia masuk Islam sebelum penaklukan benteng Khaibar dan merahasiakannya sampai hari terjadinya penaklukan kota Makkah. Ia meninggal pada tahun ke-32 Hijriyah dalam usia 88 tahun.
Abu Thalib
Abu Thalib mempunyai beberapa orang anak, antara lain: Aqil, Ja’far, dan Ali. Jarak usia mereka antara satu dengan yang lain masing-masing sekitar 10 tahun, kemudian Ummu Hani’ (Fakitah) dan Jumanah. Mereka semua masuk Islam. Sedangkan Abu Thalib sendiri tidak diketahui keislamannya.
Abu Lahab
Abu Lahab mempunyai beberapa anak, antara lain: ‘Utbah, Mu’tab, dan Durrah. Mereka semua masuk Islam. Kecuali ayahnya sendiri Abu Lahab.
Harits
Harits adalah putra sulung Abdul Muthalib dan menjadi julukannya. Ia tidak mengalami masa Islam. Anak-anaknya antara lain: Naufal, Rabi’ah, Abu Sufyan (saudara Rasulullah dari Halimah), dan Abdullah. Semuanya masuk Islam.
Zubair
Zubair mempunyai beberapa anak, antara lain: Abdullah, Dhaba’ah, Shafiyah, Ummu al Hakam, dan Ummu Zubair. Mereka semua masuk Islam.
Jahl
Jahl mempunyai anak, tetapi keturunanya terputus.
Abdul Ka’bah
Abdul Ka’bah tidak mengalami masa Islam dan tidak mempunyai keturunan.
Qutsam
Qutsam meninggal dunia selagi kanak-kanak.
Dhirar
Dhirar meninggal dunia pada saat Rasulullah mendapat wahyu pertama dan tidak sampai masuk Islam.
Ghaidaq
Ghaidaq termasuk orang Quraisy yang paling dermawan dan banyak mendermakan makanan dan harta sehingga ia digelari Al Ghaidaq.
Sumber : Syaikh Muhammad Ali Subban. Is af Al Raghibin fi Sirah Al Mushthafa wa Fadhail Ahli Baithi Al Thahirin, (terj) Idrus H. Afkal. Mizan Pustaka: Bandung. 2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar